Yuuk, Menyimak apa itu Gunung Meletus…!

  

Gunung meletus, terjadi akibat endapan magma di dalam perut bumi yang didorong keluar oleh gas yang bertekanan tinggi.  Dari letusan-letusan seperti inilah gunung berapi terbentuk.  Letusannya yang membawa abu dan batu menyembur dengan keras sejauh radius 18 km atau lebih, sedang lavanya bisa  membanjiri daerah sejauh radius 90 km.  Letusan gunung berapi bisa menimbulkan korban jiwa dan harta benda yang besar sampai ribuan kilometer jauhnya dan bahkan bias mempengaruhi putaran iklim di bumi ini.  Hasil letusan gunung berapi (sumber:MPBI)

  • gas vulkanik
  • Lava dan aliran pasir serta batu panas
  • Lahar
  • Tanah longsor
  • Gempa bumi
  • Abu letusan
  • Awan panas (Piroklastik)

Gas vulkanik adalah gas-gas yang dikeluarkan saat terjadi letusan gunung berapi yang dikeluarkan antara lain carbon monoksida (CO), Carbondioksida(Co2), Hidrogen Sulfida (H2S), sulfurdioksida(SO2) dan nitrogen (NO2) yang membahayakan manusia. 

Lava adalah cairan magma yang bersuhu tinggi yang mengalir ke permukaan melalui kawah gunung berapi.  Lava encer mampu mengalir jauh dari sumbernya mengikuti sungai atau lembah yang ada sedangkan  lava kental mengalir tidak jauh dari sumbernya. Lahar adalah merupakan salah satu bahaya bagi masyarakat yang tingla di lereng gunung berapi.  Lahar adalah banjir Bandang di lereng gunung yang terdiri dari campuran bahan vulkanik berukuran lempung sampai bongkah.  Dikenal sebagai lahar letusan dan lahar hujan.  Lahar letusan terjadi apabila gunung berapi yang memiliki  danau kawah meletus, sehingga air danau yang panas bercampur dengan material letusan, sedangkan lahar hujan terjadi karena percampuran material letusan dengan air hujan di sekitar puncaknya. 

Awan panas bisa berupa awan panas aliran, awan panas hembusan dan awan panas jatuhan.  Awan panas aliran adalah awan dari material letusan besar yang panas, mengalir Turun dan akhirnya mengendap di dalam dan disekitar sungai dari lembah.  Awan panas hembusan adalah awan dari material letusan kecil yang panas, dihembuskan angin dengan kecepatan mencapai 90 km/jam.  Awan panas jatuhan adalah awan dari material letusan panas besar dan kecil yang dilontarkan ke atas oleh kekuatan letusan yang besar. Material berukuran besar akan jatuh di sekitar puncak sedangkan yang halus akan jatuh mencapai puluhan, ratusan bahkan ribuan km dari puncak karena pengaruh hembusan angin.  Awan panas bisa mengakibatkan luka bakar pada bagian tubuh  yang terbuka seperti kepala, lengan, leher atau kaki dan juga menyebabkan sesak sampai tidak bernafas.   

Abu letusan gunung berapi adalah material yang sangat halus.  Karena hembusan angin dampaknya bisa dirasakan ratusan kilometer jauhnya. Dampak abu letusan 

Permasalahan pernafasan, kesulitan penglihatan, pencemaran sumber air bersih, menyebabkan badai listrik, mengganggu kerja mesin dan kendaraan bermotor, merusak atap, merusak ladang, merusak infrastruktur. Persiapan menghadapi Letusan gunung Berapi

  • mengenali daerah setempat dalam menentukan tempat yang aman untuk mengungsi
  • membuat perencanaan penanganan bencana
  • mempersiapkan pengungsian jika diperlukan
  • mempersiapkan kebutuhan dasar (pangan, pakaian alat perlindungan)

Jika terjadi Letusan gunung Berapi 

  • hindari daerah rawan bencana seperti lereng gunung, lembah dan daerah aliran lahar
  • Di tempat terbuka, lindungi diri dari abu letusan dan awan panas
  • Persiapkan diri untuk kemungkinan bencana susulan
  • Kenakan pakaian yang bisa melindungi tubuh, seperti baju lengan panjang, celana panjang, topi dan lainnya
  • Gunakan pelindung mata seperti kacamata renang atau lainnya
  • Jangan memakai lensa kontak
  • Pakai masker atau kain menutupi mulut dan hidung
  • Saat turunnya awan panas usahakan untuk menutup wajah dengan kedua belah tangan.

Setelah terjadinya Letusan Gunung Berapi

  • jauhi wilayah yang terkena hujan abu
  • Bersihkan atap dari timbunan Abu, karena beratnya bisa merusak ataun meruntuhkan atap bangunan
  • Hindari mengendarai mobil di daerah yang terkena hujan abu sebab bisa merusak mesin motor, rem, persneling hingga pengapian.

Tulisan ini bersumber dari Komik Gunung Berapi, media penanggulangan Bencana yang dibuat oleh yayasan IDEP dengan dukungan dari BAKORNAS PBP, CRS, MPBI, UNESCO, USAID&masyarakat Indonesia. 

Komik diperoleh bersama dengan paket penanggulangan Bencana lainnya atas kebaikan hati rekan Sayu dan Trisna dari Yayasan IDEP, Bali

About these ads

91 thoughts on “Yuuk, Menyimak apa itu Gunung Meletus…!

  1. Hida says:

    wah,bacaan ini sungguh baik untuk dipelajari

  2. rahman says:

    lebih di perbanyak lagi tentang gunung berapi karena dalam pelajaran sma dah ad di masukkan d kurikulum

  3. henny & sylvia says:

    terima kasih atas artikel yang telah dibuat karena dengan artikel ini saya
    mendapatkan inspirasi untuk mengerjakan tugas sekolah. thank you very
    much………!!!!!!!!!!!!!

  4. dina says:

    thanks ya

  5. yanti says:

    thx ya… moga dgn artikel ini dpt membantu aku buat tgs skul..

  6. raya says:

    wah, bagus banget ni. Berguna banget!!! Soalnya di skul aku juga sedang dapat materi tentang gunung berapi. Dengan ini aku punya tambahan wawasan buat pelajaran skul. Makasih……….

  7. 38 says:

    nih bagus sangat coz emng saya lagi da tgas buat bkin kliping kyak gniy….
    jadi tambah gampang deh…

  8. ULLy says:

    ini tuLisan bgus n meNarik bgt u/ dibaca b’coz kata2 na good abiess!!!
    bhayyyy……………
    semoga tambah maju ya……….

  9. Ghaida' Farida says:

    mksh yaww udh mo bntuin q coz ni lg da tgas sruh bwt makalah..thank’s so much..q jg ska bgt tntang pljaran geografi…,skali lg thank’s yaw??

  10. Annisa N says:

    Thank’s banget artikel ne banyak bantuin q & tmn2q nyelesain tgs PLH q. Moga tmbh sukses yaw!!!! Bye,,,

  11. Intan & Deni says:

    makacih banyak yach..
    panduan ini udah banyak membantu kita u/ selsein tgs Geo..:-)
    n hslnya jadi memuaskan:-)

  12. repp says:

    thanxx a lot 4da info yaah (:

    ni sangat mbantu tugas skolaa akk ^^

  13. inoung says:

    wihhhhhhhhhhhhhhh keren banget nih
    makasih dah banyak ngasih pengetahuan……….

  14. Andrey says:

    keren abis,, ini baru gw temuin.. gambarnya juga bagus” n menarik n ini yang bikin nilai geografi gw bagusss…..
    good luck yah,, moga tambah maju n keren aja..
    thx….

  15. Icha says:

    BguZ bgT 2. Mkcih YaAaAa…. Udh bantUin W ngEbuat tuGaz b.ind0.

  16. ragil says:

    THX DAH KASIH TW TETANG KERUSAKAN ALAM

  17. aprilia says:

    bagus juga artikel nya

  18. noah says:

    alam itu buatan tuhan mari kita jaga , dan jangan merusak lingkungan

  19. gRaCe 766hi says:

    bagus banget,artikelnya smoga dapat berguna bg para pembaca

  20. febRia 766hi says:

    bagus banget mbak,
    bisa buat tambahan kliping aku nih

  21. yosephine says:

    makasih loh buat artikelnya bisa buat tambahan kliping goegrafi aku nih ^_^

  22. Zari says:

    Thank’z buangeeet. Artikel ini bantu aq krjain Pr kliping PLH…

  23. Fidel says:

    Makasih banget. Bantu banget buat bikin tugas kliping PLH.
    -Thanks-
    Fidel :)

  24. Hemilia Puspa Rani says:

    Tambah artikel tugas geografi qhu

  25. ranggi says:

    baguuuuuuuuuuuuuuuuus
    tugas sekolah sy jadi dpt 9,5……….
    thanks ya!!!!!!

  26. Riri says:

    makasih ya …. aku dapat ilmu yang amat berguna …

  27. Jenny :P says:

    membantu banget loch!! :)

  28. singgih says:

    matur nuwun kalih niki mugi-mugi tugas kula angsal nilai ingkang sae.
    “ONE MILLION THANKS FOR YOU”

  29. thakssss bgt nich ………………….

    tugas skolah gw seeleeeseeeeeeee ,,,,,,,,,

    nich baacaan bantu bgt

  30. whisnu64 says:

    Makasih artikelnya ya mbak Liana. Saya jadi bisa bantu anak saya ngerjakan PR. Whisnu, http://www.marimenanampohon.blogspot.com

  31. TiCkA....... says:

    Thank’z bgtzz ya,bacaan nie udh bantu q nyelsein tugaz bkin artikel.Moga aja q dpt nilai baguzzzzzz……….!!!!en warnetnya tmbah rame aja,okey……………….!

  32. nur coy says:

    wiiich,,,,gila ajib bnr!!!bgus c,,tp da tpnya nich kurg lengkap lg bro,,

  33. Shabrina Adani Sutra says:

    WOW……… ARTIKEL yang BAGUS !!! PR Sekolahku jadi terselesaikan, TERIMAKASIH BANGET YAH !!!

  34. Via says:

    jadi lbh tauuuu… mkc

  35. try & tyn says:

    tankzzz yach########### taz info_x,..
    bantu banget wat tugas zcullll qu,,,,.he_he

  36. Almer says:

    nih bagus sangat coz emng saya lagi da tgas buat bkin kliping kyak gniy….
    jadi tambah gampang deh…

  37. artikel ini buat aku lebih gampang bwat bkn tugas.. makasi ya.. :)

  38. kurniawan says:

    simaklah kisah berikut dengan seksama!!!!!itu aja yach

  39. wawan says:

    wah bagus banget buat ilmu pengetahuan,,thanks

  40. Haris says:

    Wah informasinya bgs makasih Liana :-)

  41. sheilla says:

    seru banget sih tentang pengetahuanya!!!!
    jadi bikin tugas kliping jadi gampang dech

  42. ega says:

    makasih artikelnya ya mbak….
    artikelnya juga bagus gitu

  43. Risda Julianingati says:

    Bagus banget deh artikelnya.
    banyak informasi yang bisa didapet nih.
    muga-muga makin jaya deh.
    n…..
    tetap waspada!!!!!

  44. sita says:

    oke juga neh infonya….to nambah ref

  45. iin says:

    tengs ya mbak. artikelnya bagus

  46. Maliq says:

    Tanks…

  47. bagus banget bacaannya! tingal di copy langsung selesai dehh tugasnya! SSSSSSSEEEEEEEEEEEEENNNNNEEEEEENNNNNNGGGG!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  48. bientaenk~~ says:

    hmmm,,, enak dah ad rngksan na jd klo ad tgs bs lwt sn decgh thanks for liana (mbak) hihi,,,

  49. ecca says:

    ak mau nannya nih gunung yg masih aktifdan sewaktu waktu akan meletus disebut gunung apa y

  50. baguz-baguz jadi si guah bisa mengerjakan tugaz tentang gunung merapi te geuning ..
    nuhun nya teteh anu geliz .

  51. ek-ha says:

    Aku suka bgets nie sm bacaan nie,coz bagoes bgt unt diket!!!!!!!!!!!!!!

  52. may says:

    makiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiz bangt yh mbak,
    cz biza bntuu tugas skull………………………..

  53. Ayumi says:

    CoooooL…
    Tapi kurang spesifik.. :|
    Proses meletusnya gunung berapi mana? Cuma itukah?

  54. ibnu shidqi says:

    makasih ya mbak atas artikel saya ambil untuk tugas

  55. ayu says:

    tolong dilengkapi dengan sebab-sebab terjadinya gunung meletus ya…… biar kita tahu……..

  56. emma says:

    thank iah artikel inni bnyak ngbantuin ..
    tapi lebih di perluas lg iah .. :))

  57. fani masniari says:

    thankx yaa…bguZz bgt artikelnya PR quw ciap degh

  58. chie cynk asep says:

    atu lebih di perjelas tentang dampak positif N negatif ada nya gunung meletus……..

  59. gyta says:

    emmm…ok

  60. Anni3 says:

    Thanks for sharing :D

  61. Ryan Bong says:

    emang bagus untuk di pelajari

  62. stevy says:

    maksih atas infonya coz aku bza ngerjain tugas yg di berikan bpak ibu guru thank’s

  63. makacih yaaaaa…….artikelnya baguzzz and udah bikin gw nyelesain tugaz gw.pokoknya thanks bangetzzzz dahhhhh :) ;) :* :D

  64. eva says:

    makasiya ……. tl bt gw … :) :* :D

  65. thanks ya……..artikelnya udah buat gw jadi nyelesain tugazzzz gw……….muda-mudahan aja tugaz gw jadi betul cemuaaaaa…….
    AMIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIINNNNNNNNNNNNN!!!!!!!!pokonya artikelnya baguz dah,is the best lahhhhhhhhhhhhh :) ;) 8-)

  66. eva says:

    MAKACI YAAAAAAA………. :) :)

  67. salma says:

    waw, bagus ka, maksih aku jadi dapat bahan untuk kliping plh :D

  68. maria says:

    makasih,ya,mbak,atas artikelnya,,ini sangat membantu pembuatan tugas saya.

  69. M. Arif says:

    Trimakasih yah atas inormasi nyaaaa….
    berkat kamu aku bisa menang nih …

  70. trims yah atas informasinyaaaaaaa

  71. najihah says:

    kalok tentang apa yg akan trjadi stelah letusan tu gk ad yea????
    pdahal tu yg mau q cri :(

  72. nana says:

    lebih di lengkapi lagi ya….
    biar tambah juga pengetahuan kita
    thanks banget….

  73. hasan mustopa says:

    ambil hikmahnya aja

  74. hasan mustopa says:

    semua bencana terjadi karena akibat ulah kita kpd alam dan dosa kita yg trs menerus kpd tuhan..

  75. luthfi says:

    kk gunung merapi di indonesia ada berapa??????

  76. yuar chubby says:

    artikelnya baguz ,

  77. Dzakiyyah farah says:

    Thank dah nemuin jawaban bwt tgs makasih y???????

  78. listya says:

    ,. I LIKE IT ..
    .
    .
    ,. mrgnkn tgz2 qko ..

  79. rama says:

    makasih banyak yah artikel nya baguz banget bisa buat belajar sekali lagi terima kasih yah..

  80. gita swari says:

    wahhhh…..mksh bgt ya..kbtln aq jga dsrh sma pengawas sekolahku untuk menerangkan bgimana trjdnya gunung berapi

  81. chausar x tKj 2 says:

    maNtap” deCh artikeL” ny ,,

  82. eham says:

    aiiioooo…

    mna dampak positif n negativ nya

  83. keriin says:

    Thx buat artikel–nya .. :-)

  84. keriin says:

    hehehe :D

  85. mietha-tha says:

    Good :)

  86. Kl , di pelajari menarik jg
    bgs buat di bikin tgs sekolah

  87. faisal ganteng says:

    makasih kk

  88. abib says:

    baik buat tugas sekolah gua

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s