Mengenal prangko

Apa sich Prangko itu ?

Prangko dalam bahasa Inggris disebut Stamp. Prangko dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia artinya : Tanda pembayaran biaya pos. Dengan prangko artinya surat yang kita kirimkan sudah lunas pembayarannya. Selain itu, prangko juga merupakan alat untuk menyampaikan pesan mengenai segala hal yang ada di indonesia, dari mulai keindahan alam dan keragaman hayati sampai kegiatan olah raga, pemilihan umum, repelita, peduli lingkungan, anak indonesia, semuanya ada. Jadi melalui prangko kita bisa mengenal keindahan dan ragam budaya yang ada di Indonesia.
Dulu, sebelum ada prangko, biaya untuk mengirim surat dilakukan dengan pembayaran sejumlah uang yang harus dibayar si pengirim surat atau si penerima surat. Pada 6 Mei 1840, di Inggris lahirlah prangko. Dari Inggris menyebar ke seluruh penjuru dunia termasuk di Indonesia.
Teman-teman kali ini kita akan bercerita mengenai perkembangan prangko di Indonesia dari waktu ke waktu.

Masa penjajahan Belanda

Pada masa tersebut di Indonesia telah dipergunakan prangko ” Raja Willem III” yaitu pada tahun 1864. Prangko pada zaman Hindia Belanda ini berwarna merah anggur dan memuat gambar Raja Willem III dari Belanda dalam bingkai berbentuk persegi,pada bagian atas prangko terdapat tulisan ” 10 cent” dan pada bagian bawahnya memuat tulisan ” Postzegel” pada bagian sebelah kiri memuat tulisan ” Nederl” dan pada bagian kanan memuat tulisan” Indie”.prangko Hindia Belanda pertama ini tidak berperforasi (tanpa gigi), dicetak di negeri Belanda (Utrecht) sebanyak 2.000.000 prangko.Gambar prangkonya dirancang oleh T.W kaisar dari Amsterdam.

Masa Pendudukan Jepang

Sesudah pemerintah Hindia Belanda menyerah tanpa syarat kepada bala tentara jepang tanggal 8 Maret 1942,Pemerintah Sipil dilakukan dibawah Pimpinan Angkatan Perang Jepang. Pada awal Pendudukan Jepang persediaan prangko Jaman Belanda masih banyak.Karena prangko baru belum sempat dicetak ,Prangko-prangko lama tetap dipergunakan dengan membubuhkan cetak tindih yang mempergunakan huruf Jepang. Gambar-gambar cap tersebut ada yang berupa ” Binatang” seperti didaerah Aceh,ada yang berbentuk” Palang” seperti di Sumatra utara dan ada yang berwujud “Jangkar” seperti didaerah Indonesia Timur. Cetak tindih tersebut memuat kata “Dai Nippos Yubin Kyoku” . Setelah melalui masa cetak tindih maka pada tahun 1943 diterbitkan prangko-prangko Jepang yang bergambarkan bola dunia dengan peta kerajaan Jepang,kerbau yang sedang membajak,pantai laut dan lain-lain.

Masa perang Mempertahankan kemerdekaan

Bangsa Indonesia tidak melewatkan peluang emas pada hari hari terakhir perang dunia kedua ketika jepang menyerah kepada sekutu dengan memproklamirkan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945, tetapi pengambilalihan kekuasaan tidak berjalan dengan mulus,karena bala tentara Jepang tidak mau menyerahkan kekuasaan dan persenjataan mereka kepada pihak Indonesia.Demikian pula dengan pelayanan pos, selama lebih dari sebulan setelah Proklamasi Kemerdekaan RI masih ditangani olah Dinas Pos Jepang.

Tetapi tanggal 29 September 1945 ,tentara Belanda yang membonceng tentara sekutu yang bertugas melucuti persenjataan Jepang mendarat di Batavia,terjadilah perang fisik yang paling berdarah dalam sejarah bangsa Indonesia yang menelan korban lebih dari 1 juta jiwa.Perang berlangsung sejak Oktober 1945 s.d akhir 1949.

Dari sudut Filateli masa tersebut sangat menarik karena ada 3 pelayanan pos yang diselenggarakan oleh dua negara yang bermusuhan diatas wilayah yang sama.Dikota-kota besar yang berhasil direbut Belanda berlangsung pelayanan pos dengan menggunakan prangko Ned-Indie,dilain pihak daerah yang masih dikuasai oleh RI pelayanan pos diselenggarakan oleh Djawatan PTT dengan menggunakan Prangko Indonesia. Prangko pertama yang dicetak oleh Pemerintaha Republik Indonesia yaitu “Memperingati setengah tahun merdeka”, dalam memperingati 1 tahun Merdeka Pemerintah Indonesia menerbitkan prangko seri Revolusi tanpa perekat yang pada waktu di cetak di jakarta.

Masa Demokrasi Liberal

Pada awal tahun 1950 setelah berakhirnya masa Perang Kemerdekaan, PTT Indonesia memulai lembaran baru dalam sejarahnya.Sebagai akibat taktik bumi hangus gerakan-gerakan gerilya pejuang, berpuluh-puluh Kantor Pos,Kantor Telegrap dan Kantor Telepon hancur. Hal ini merupakan tantangan bagi PTT karena dengan kejadian tersebut merupakan hambatan terhadap lancarnya usaha pengluasan dan pembangunan Jawatan PTT. Salah satu sumber pendapatan Jawatan PTT untuk membiayai pengeluaran-pengeluaran eksploitasi Perusahaan adalah hasil penjualan benda-benda pos, antara lain berbagai jenis prangko,sampul,warkatpos,kartupos,kupon balasan internasional formulir-formulir dan lain-lain. Dalam memnuhi kebutuhan tersebut maka diadakan pembaharuan kontrak antara Jawatan PTT dengan N.V Joh.Enschede en Zonen di Haarlem (Negeri Belanda) untuk pencetakan prangko harga Rp 1,- keatas dalam masa 5 tahun mulai tanggal 1 Januari 1950.

Pada permulaan tahun 1950 mulai terdapat prangko : Prangko biasa seri Angka(smelt) yang terbit pada tanggal 1-1-1949, Prangko Biasa seri Bangunan(dengan gambar rumah dan candi) yang terbit pada tanggal 1-9-1949, Prangko Peringatan UPU seri UPU yang terbit pada tanggal 1-10-1949. pada awal 1950 sebagian dari sisa persediaan Prangko Seri Angka dan Seri Bangunan dibubuhi cetak tindih” R.I.S” .dan selama tahun 1950 diterbitkanlah prangko-prangko seperti Prangko RIS yang terbit pada tanggal 17-1-1950,Prangko Peringatan Seri Garuda diterbitkan pada tanggal 17-8-1950 dll.

Masa Demokrasi terpimpin

Pada tahun 1959-1965 banyak juga prangko yang diterbitkan seperti Prangko Biasa, Prangko Peringatan,Prangko Istimewa dan Prangko Amal. Untuk memperingati Dekrit Presiden Soekarno tanggal 5 Juli 1959 yang menyatakan berlakunya kembali Undang-undang dasar 1945 , dikeluarkanlah pada tanggal 17-8-1959 Prangko Peringatan “Berlakunya kembali UUD 1945″ prangko tersebut terdiri dari 4 buah dengan harga 20 sen,50 sen,75 sen, Sampul Hari Pertama diterbitkan dengan harga Rp 7,50,-. Pada tanggal 26-10-1959 diterbitkan Prangko Peringatan seri Konperensi Kolombo ke II berhubung diadakannya Konperensi Rencana Kolombo ke II di Yogyakarta.Dalam tahun 1960 dikeluarkan Prangko Peringatan seri ” Kongres Pemuda Seluruh Indonesia “, tahun Pengunsi Sedunia, seri Hari Kesehatan Sedunia.” Pembasmian Malaria” dan prangko amal seri “Hari Sosial’ dan prangko biasa seri Presiden dan seri Hasil Bumi. Pada tahun 1962 bertalian dengan Asian games ke IV di Jakarta tanggal 22 Agustus 1962 s.d 6 September 1962 diterbitkan seri Asian Games.Pada tahun 1963 diantaranya diterbitkan seri Bendera Merah Putih, dan pada tahun 1964 diterbitkan seri Presiden,Transport dan Komunikasi.

Selama masa Demokrasi Terpimpin ini Jawatan PTT,PN Postel dan PN Pos dan Giro mempunyai fungsi sosial dalam pengumpulan dana bagi badan-badan sosial memberikan hasil bersih dari harga tambahan prangko- prangko amal kepada badan-badan sosial.

Masa Orde Baru

Perkembangan prangko dimasa Orde Baru mulai tangggal 11 maret 1966 s.d akhir tahun 1980, banyak prangko yang telah diterbitkan sebagai contoh mulai dari prangko Pahlawan Revolusi yang terbit pada tahun 1966 s.d prangko Peringatan 10 Tahun AOPTS ( Asian Oceanic Postel Training School) yang terbit pada tanggal 10-9-1980. berbagai jenis prangko telah diterbitkan oleh pemerintah Indonesia semakin hari semakin baik prangko yang diterbitkan baik dari desain maupun bahannya. Untuk dapat melihat jenis prangko-prangko yang telah diterbitkan dapat dilihat pada katalog prangko Indonesia.

Masa Sekarang

Saat ini, prangko dicetak dengan beragam jenis, ada yang berbentuk stiker, ada yang mengandung perekat di bagian belakangnya. Gambar yang dipakai pun sangat bervariasi, mulai dari gambar flora fauna yang dilindungi, olahraga skala international pun juga dijadikan gambar pada prangko. Tapi saat ini, prangko dirasakan menurun jumlah peminat nya, karena surat dengan menggunakan prangko biasanya membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan dengan menggunakan pengiriman melalui kilat khusus dengan hanya dibubuhi cap khusus dari kantor pos atau melalui jasa pengiriman titipan kilat.

Sumber : wikipedia, media cetak kompas.

++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

Beberapa prangko bergambar keragaman fauna dan flora di Indonesia

prangko Reftil dan kura-kura

Prangko bergambar bunga/flora

26 thoughts on “Mengenal prangko

  1. Brocyber says:

    mohon informasi mengenai daftar harga-harga perangko, khususnya yang ada di atas.

  2. Silahkan browsing aja di filately indonesia, atau bisa ke alamat berikut :
    http://www.silverdalen.se/stamps/ :)

  3. yahya says:

    Ass. Wr.

    Yang ingin melihat-lihat daftar harga prangko Indonesia, silahkan jalan-jalan ke http://www.eprangko.com atau wirdah.tripod.com/wirdah.html

    wassalam,

    yahya

  4. wili says:

    tolong informasi dimanabisa jual prangko.
    gw memiliki banyak prangko mulai thn 1800an-1960. mau dijual neh

  5. sibit witarsan says:

    bagi yang ingin berburu prangko, klik aja http://www.prangkounik.blogspot.com

  6. leny says:

    aku punya 1800 lmbr koleksi pranko tua,luar negri n indonesia.
    dari thn 1935-1985.
    aku mo nyari pembeli.please give me info.klo pasti laku aku kasih fee deh buat yang ngasih info.thx

  7. hotma says:

    sy punya perangko brazil dgn foto pak sukarno tahun 50 an …
    kelihatannya bukan seri

    • widodo says:

      saya tertarik dengan prangko brazil gambar sukarno anda, apa akan dijual ? kalo iya tolong emailkan imagenya. tq

      • saya mempuyai prangko sebanyak 100 lembar,,dari dalam maupun luar negri,,,akan saya jual dengan harga murah,,jika anda berminat,,,hb,087868912234 prangko saya dari belahan dunia,, yang sudah termasuk langkah..

  8. armawan says:

    mantap tuh aku juga ada koleksi peerangko lama dr luar and dalam negeri mulai tahun 50 ampe 1990 yang brminat hub aja ke 081343224819

  9. ferdi says:

    prangko sya bnyak bgt. tpi ada lecek ato keadaan rusak sedikit,itu laku g ?
    thanks

  10. wahyu says:

    Bagi yg brminat dgn pRangko” kuno khususx pRangko soekarno yg jadul bgt tlg hbngi sya..
    081242755697.

  11. arya says:

    kalo ada yang mau perangko lama dengan hrga nego bisa karena saya ada perangko yang seharga 10 sen, sampai perangko italia dari yang ada gambar bung hatta sampai pak harto. jika berminat hubungi
    arya05av@hotmail.com

  12. novan says:

    ak pnya perangko thn 1646 dan bnyak lg,klau da yng mau,ak jual mrah.jk brmnt hub.081249085044/03338932724

  13. AFIN says:

    AKU PUNYA PRANGKO KUNO DALAM & LUAR NEGERI, MULAI TH1800an S/D TH1900an .HENDAK DIJUAL TETAPI BELUM PAS HARGA BELINYA. JUMLAH400an PCS.INFO LANJUT HUB.+62274 6660880.MATUR NUWUN.WASALAM.

  14. wie says:

    aku mau jual perangko luar negeri dari beberapa negara, harga bisa nego. tolong informasi kemana saya bisa jual pernagko2 ini ya….. kalo ada yang minat bisa hub di 08129614403 atau email ke wie _ush@yahoo.com

  15. rizki says:

    ada KEJUTAN bagi penggemar berat perangko!
    karena perangko tak selalu ada dalam album, saya menciptakan produk kreasi dari perangko yang belum pernah ada sebelumnya. kunjungi http://www.dapur-perangko.blogspot.com/ ya!!

  16. fabrianski says:

    saya punya prangko benjamin franklin 1867 (salah satu termasuk prangko terlangka di dunia) ada yang berminat. menurut info harga terakhir di filateli.net sebesar $.935.000 (untuk yang sudah digunakan)..

    ada yang berminat

  17. prash says:

    mlm…sy pnya perangko revolusi,bergmb kepala banteng,kondisi utuh SS,1 lmb isi 20 biji,(5 x 4),blm terpakai dan masih ada segel putih di tepinya..jk ada yg berminat,hubungi sy d 085727688002…trims

  18. hsiwon says:

    saya jual perangko cina yang langka dan kuno. itu cetakan pada masa revolusi kebudayaan cina. perangko ini terjual di sebuah lelang di hongkong seharga 10M karena SANGAT LANGKA. namun harganya akan saya banting habis karena keperluan uang kuliah.beritanya dapat diliat di http://rimanews.com/read/20110307/19166/fantastis-empat-perangko-langka-buatan-china-terjual-rp-10-miliar (yg berminat hubungi saya di email happinessisfree.hida@hotmail.com)

  19. karyadharma says:

    ;-) Ane menjual pelbagai macam Perangko Unik Antik Menarik, silahkan kunjungi http://agenperangko.co.cc
    Tersedia Pembelian Paket, Satuan & Borongan.
    Silahkan kelokasi http://agenperangko.co.cc untuk Order Koleksi yg diminati ;-)

  20. ryd says:

    bagus info nya_
    berguna juga..

  21. dewa says:

    ini kelompok filateli yah?? sungguh, menarik sekali.

  22. Revikystamp says:

    bagi yang berminat membeli perangko, silakan klik:
    http://www.facebook.com/revikystamp

    Thanks :)

  23. chs says:

    saya jg jual perangko mulai dr thn belanda hingga thn 1990an dan ada jg dari malaysia,australia dll serta msh byk jg yg langkah,klu berminat hub 081524368590

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s