Menjernihkan Air dengan Biji Kelor

       

Tujuan Kegiatan, Anak mengetahui cara menjernihkan air rawa dan lebak dengan memanfaatkan daun kelor (sumberdaya alam) yang terdapat di sekitar rumah mereka untuk memenuhi kebutuhan air sehari hari.

Bentuk kegiatan,Praktek menjernihkan air, Diskusi mengenai kualitas air dan fungsinya bagi kesehatan

Peserta    :  Untuk anak kelas V dan VI 

Tempat    :  Di Luar Ruangan 

Waktu     :  Praktek  :  2 x 60 menit,  diskusi 1 X 45 Menit 

Alat dan Bahan    :  Ember, gayung air, kain serbet, penumbuk dan air lebak atau rawa, biji kelor, Aktivitas dan Diskusi  :  Kepada peserta diberikan pertanyaan : 

  1. Bagaimana kondisi air rawa? 
  2. Apa warna air rawa, mengapa perlu dijernihkan?
  3. Apa beda air rawa, lebak dengan air lainnya (bau, warna)
  4. Apakah air rawa dan lebak sehat untuk diminum? 

Pertanyaan Evaluasi

  1. Adakah sesuatu dari alam yang bisa kita manfaatkan?
  2. Bagaimana cara kita menggunakannya? 

Catatan :  Untuk mendapatkan hasil peningkatan pengetahuan peserta, lakukan pengamatan pada saat peserta melakukan praktek, perhatikan nilai-nilai kerjasama, ketelitian dan ketepatan dalam melakukan kegiatan sebagai manifestasi pemahaman dan adanya interasksi sosial positif antara peserta.

 Deskripsi 

Kemarau Tiba, apa yang bisa kita lakukan dengan air rawa dan lebak?

Yuk, menjernihkan air dengan biji kelor!

Musim kemarau sudah tiba. 

Di Palembang, sudah memasuki musim kemarau.  Meski musim kemarau kali ini tidak merata, tapi tetap saja mengelola air menjadi lebih baik adalah sebuah usaha pencegahan penyakit yang harus dilakukan.

Di beberapa daerah di Palembang, masih terdapat rawa dan lebak.  Rawa dan lebak ini juga ada di kawasan SD 129 Pakjo palembang.  Meski ledeng sudah ada namun tetap saja air dari mata air lebak dan rawa tetap di manfaatkan warga untuk kebutuhan sehari-hari.  Air lebak dan rawa adalah air yang berbau Lumpur, bahkan dibeberapa tempat juga mengandung karat.  Di beberapa sumber mata air di rawa dan lebak, sering dijumpai sumber air yang ditutupi selaput tipis dengan warna kuning kecoklatan.  Kalau air ini dipakai untuk mencuci misalnya, maka baju akan menjadi rusak, selain itu air ini juga berbau.

Di wilayah pakjo, yang pada awalnya banyak tempat yang dulunya adalah lebak dan rawa, pada umumnya air nya masih berbau dan mengandung karat.  Warga membuat saringan air dari pasir, sabut kelapa, batu bata dan ijuk untuk menyaring air.  Selain dengan menggunakan saringan sederhana salah satu usaha untuk menjernihkan air adalah dengan menggunakan biji tanaman kelor.

Bagaimana menjernihkan air dengan Biji Kelor?

Menjernihkan air dengan biji kelor juga termasuk penjernihan secara kimia, karena tumbukan halus biji kelor yang dimasukkan dalam air keruh akan membentuk gumpalan, pada kotoran yang terdapat di air yang dijernihkan.  Kelor adalah tanaman polong-polongan, dengan daun majemuk.  Kelor banyak di jumpai di sekitar lapangan main bola di pakjo, di semak pinggiran jalan, dan juga di dekat tempat penampungan sampah sementara. 

Caranya:

  1. Ambil biji kelor sesuai dengan kebutuhan

  2. Kupas buah kelor, keluarkan bijinya dan bersihkan.

  3. Biji yang sudah dibersihkan di bungkus dengan kain

  4. Kemudian tumbuk biji kelor yang masih terbungkus kain sampai halus

  5. Beri sedikit air hingga biji kelor menjadi pasta

  6. Campurkan biji kelor yang sudah halus dan berbentuk pasta dengan air yang akan dijernihkan

Perbandingannya 1 biji kelor : 1 liter air Aduk dengan cepat 55-60 putaran/menitKemudian aduk secara perlahan dengan kecepatan 15-20 putaran/menit selama 5 menitKemudian, endapkan air selama 1-2 jam.  Semakin lama pengendapan, maka air akan semakin jernihKemudian pisahkan air jernih dari endapan secara perlahan dengan menuangkan air jernih kedalam wadah yang lain.  Lakukan pelan-pelan agar endapan tidak naik ke permukaan lagi. Untuk mengahasilkan hasi terbaik, tumbuklah biji kelor sampai sangat halus, bila tidak, maka proses penggumpalan kotoran tidak berjalan dengan baik. Nah…. adik-adik sekalian  Dengan menggunakan biji kelor ini, kesehatan air tidak terganggu, dan layak kita konsumsi, bahkan kuman akan berkurang, cepat mendidih, zat organiknya juga berkurang sehingga tidak menyebabkan pencemaran.  Dan yang paling penting kita mudah membuatnya, dan bahan nya juga tersedia banyak.  Adik-adik bisa tetap meminum air yang sehat meskipun dalam musim kering seperti sekarang.  Tapi harus diingat, air yang dijernihakn menggunakan biji kelor ini hanya untuk pemakaian yang sedikit saja, karena air yang sudah di jernihkan hari ini dengan biji kelor, esoknya sudah tidak baik lagi untuk digunakan. Silahkan bantu ayah dan ibu di rumah dengan menjernihkan air, ayah dan ibu akan sangat bangga pada kalian.  Selamat mencoba yach…..  

 

13 thoughts on “Menjernihkan Air dengan Biji Kelor

  1. Hasby says:

    Selamat yah..atas Update webnya yang terus menerus… Saya sering mengunjungi dan membaca blog Sylvie, ga banyak yang seperti ini…Saya akan senang diminta untuk memberikan koment setiap ada yang terbit, tentang hal yang ini kalau dari segi tulisan dah cukup bagus yang perlu ditambahkan tentang tulisan ini maksudnya apa??ga di jelas apa kita di ajak main games atau mau memanfaatkan air dari biji kelor hehehee..
    Mungkin kalau ada gambar akan lebh bagus untuk menjelaskan, jadi peraganya pake gambar aja gitu loh….lebih bagus kali..
    Mudah-mudahan ada yang setuju dengan saya..

    Selamat dan sukses selalu buat Sylvie yang manis dan pintar…

    Itu aja ya dik..sukses selalu..

  2. Hasby says:

    Selamat yah..atas Update webnya yang terus menerus… Saya sering mengunjungi dan membaca blog Sylvie, ga banyak yang seperti ini…Saya akan senang diminta untuk memberikan koment setiap ada yang terbit, tentang hal yang ini kalau dari segi tulisan dah cukup bagus yang perlu ditambahkan tentang tulisan ini maksudnya apa??ga di jelas apa kita di ajak main games atau mau memanfaatkan air dari biji kelor hehehee..
    Mungkin kalau ada gambar akan lebh bagus untuk menjelaskan, jadi peraganya pake gambar aja gitu loh….lebih bagus kali..
    Mudah-mudahan ada yang setuju dengan saya..

    Selamat dan sukses selalu buat Sylvie yang manis dan pintar…

  3. Hasby says:

    Sylvie yang manis, untuk komntar tulisan aku ga perlu komentar karena kalau kasi komentar, takut merubah arti dan maksud yang di tulis berbeda..tapi kalau nyumbang foto untuk artikel mau…aku banyak foto yang menunjang dari isi yang di tulis..

    salam manis,
    Hasby

  4. Handoko says:

    Dimana saya bisa peroleh biji kelor…?
    harganya berapaan?

    Terimakasih..

  5. satriawanstylus says:

    saya selaku siswa SMK kimia Industri santo paulus menginginkan teknologi tepat guna yang lain untuk bahan praktek ekstrakurikuler. terima kasih. satriawan_lohan@plasa.com

  6. RUTLER says:

    hai..aku adalah salah satu mahasiswa di universitas sam ratulangi manado, aku sementara melakukan penelitian biji kelor ini, tapi disini aku mengalami masalah kekurangan biji kelor karena banyak pohon kelor yang ngga ada bijinya. aku jadi bingung,
    bisa ngga tolongin aku..aku butuh sekali dengan biji itu…tolong!!!!
    (aku bersedia membayar harga biji itu)

    rutler masalamate
    hp: 085240013488

    tolong hubungi aku secepatnya!!!!tolong ya…aku

  7. zakiyah says:

    Kok bisa air cepat mendidih karena di kasih biji kelor? Temperatur didih air cuma tergantung tekanan. Nggak ada hubungannya saya rasa. Di samping itu benarkah biji kelor bisa menghilangkan kuman? Memangnya biji kelor bersifat asam ya?

  8. M. Yusuf says:

    Biji dan daun kelor banyak dijual di pasar tradisional.

    Sekedar berbagi informasi seputar tehnik penjernihan air di :

    http://www.airminumisiulang.com/page.php?istilah-penyaring-air-dan-penjernih-air

  9. Irma says:

    Bagaimana zat aktif yang terkandung di dalam biji kelor bekerja dalam menginaktifkan bakteri?

  10. yhan says:

    KENAPA PEMAKAIAN BIJI KELOR HANYA BISA DI PAKAI CUMA 1 HARI SAJA…?APAKAH ADA TERJADI PROSES PERUBAHAN KOMPOSIS ZAT KIMIA SETELAH SATU HARI..TOLONG PENJELASANNYA YA…?

  11. Ade says:

    Terima kasih infonya, mungkin info yg lain tentang air bisa di lihat di sini http://www.hydro.co.id/?p=199

  12. Adi says:

    Kenapa ko biji kelor bisa menjernihkan air?

  13. jiw va banan says:

    Dear Liana,
    Kita teliti yok lebih lanjut biji kelor itu untuk penjernih air!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s