Mengenal Rafflesia

Salah satu dari tiga spesies rafflesia yang dikenal di Taman Nasional, Rafflesia hasselti mempunyai lebih banyak kesamaan dengan jamur daripada kepada bunga-bunga tanaman biasa. Rafflesia bersifat parasit terhadap jenis tumbuhan merambat tertentu (Tetrastigma) dan tinggal di dalam akar tersebut seperti tali.

Bunga berkembang memerlukan beberapa bulan. Untuk jenis hasselti kuncup bunga membesar sampai sebesar ‘kol’ berwarna merah tua. Bunga itu sendiri tampaknya mekar dalam semalam dan biasanya layu hanya dalam 2 sampai 3 hari. Dan mengeluarkan bau busuk seperti bangkai untuk menarik perhatian lalat sebagai polinator utamanya. Ekologi Raflesia masih merupakan misteri sampai saat ini. Diduga Babi Hutan dan Tupai merupakan agen penyebarluasan bunga ini, melalui bijinya yang sangat kecil.

Raflesia tidak pernah berhasil dikembangbiakkan di luar habitat aslinya dan apabila akar atau pohon inangnya mati, Raflesia akan ikut mati. Oleh karena itu Raflesia membutuhkan habitat hutan primer untuk dapat bertahan hidup. Rafflesia arnoldi yang sangat terkenal (pertama kali dideskripsikan oleh Sir Stamford Raffles di Bengkulu) juga berada di dalam dan sekitar Taman Nasional Kerinci Seblat. Jenis ini berukuran sangat besar, kadang-kadang bisa mencapai lebar 1 meter. Meskipun jenis ini berada di dalam kawasan taman nasional, tetapi tempat terbagus untuk melihat adalah di Kabupaten Curup di luar kota Bengkulu. Satu lokasi adalah Desa Kepahyang yang terletak antara Curup dan Kota Bengkulu.

Satu jenis lagi dari Famili Rafflesiacae yang lebih kecil dan lebih gampang dijumpai adalah Rhizanthes zippelli. Bunga ini juga benalu dan sering dijumpai pada lokasi yang sama dengan Raflesia. Jenis ini lebih gampang dilihat apabila berbentuk bunga, karena dalam satu akar terdapat beberapa kuncup. Rhizanthes mengeluarkan bau seperti apel busuk untuk menarik serangga polinatornya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s