Mengelola Sampah Yuk…!

null

Pernahkah kita menghitung sudah berapa banyak sampah yang kita buang dalam sehari. Sisa makanan, kertas, barang-barang dari plastik, kain-kain bekas, tisu, botol-botol, bahkan mungkin sampai mainan-mainan atau peralatan rumah dan kendaraan yang tak terpakai lagi serta masih banyak lagi. Jika kita sedang jalan-jalan, coba lihat tempat sampah di wilayah pertokoan. Tempat sampah disana mungkin jadi menggunung dengan kardus-kardus bekas, kemasan styrofoam, kantong plastik, sisa-sisa makanan dari restoran, dan lain sebagainya. Lalu coba kita tengok tempat sampah di rumah sakit. Volumenya mungkin sama besarnya, tetapi sampahnya lebih banyak terdiri dari perban bekas, obat-obatan tak terpakai, botol-botol infus dan sebagainya. Diperkirakan bahwa rata-rata penduduk di kota membuang sampah sebanyak 1 – 2 kg sehari.

Jenis-jenis sampah

Sampah organik yaitu sampah yang terdiri dari bahan-bahan yang bisa terurai secara alamiah/ biologis. Misalnya adalah sisa makanan

Sampah anorganik yaitu sampah yang terdiri dari bahan-bahan yang sulit terurai secara biologis sehingga penghancurannya membutuhkan penanganan lebih lanjut. Misalnya adalah plastik dan styrofoam

Sampah B3 (bahan berbahaya dan beracun) yaitu sampah yang terdiri dari bahan-bahan berbahaya dan beracun. Misalnya adalah bahan kimia beracun

Kompos adalah sampah yang teruraikan secara biologis, yaitu melalui pembusukan dengan bakteri yang ada di tanah, dan kerap digunakan sebagai pupuk.Jadi bisa dibayangkan banyaknya sampah seluruh kota dalam sehari. Apa jadinya bila sampah-sampah ini tidak tertangani? Tentunya tidak mustahil kalau kota kita tertimbun oleh sampah bukan? Karenanya, kita dianjurkan untuk meminimalkan terjadinya pembuangan sampah terutama yang tergolong sampah B3.

Sampah menjadi masalah…

Bagaimana kehidupan masyarakat kita ke depan, jika persoalan sampah tidak segera diselesaikan. Permasalahan sampah bukan hanya berdampak pada persoalan lingkungan, tetapi juga telah menimbulkan kerawanan sosial dan bencana kemanusiaan. Berbagai kasus, seperti di Bantargerbang, Bojong Gede, dan Leuwigajah, mengingatkan kita bahwa persoalan sampah bukan hal yang sepele. Lalu, apa yang dapat kita lakukan agar sampah tidak menggunung dan membuat lingkungan tidak sehat? Ada beberapa hal kreatif dan efektif yang bisa kita lakukan yaitu menerapkan prinsip 4R : Replace (mengganti), reduce (mengurangi), re-use (memakai), dan recycle (daur ulang).

Sistem Pengelolaan Sampah

Ada berapa cara pembuangan sampah?
Secara garis besar ada tiga yaitu : cara kimiawi melalui pembakaran, cara fisik melalui pembuangan di TPA, dan cara biologis melalui proses kompos. Yang lazim dilakukan untuk sampah dalam jumlah besar adalah secara fisik.

Bagaimana siklus sistem pengelolaan sampah?

Sampah dari rumah-rumah dikumpulkan dan disimpan dalam tempat atau kontainer sementara, untuk kemudian diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) untuk diolah sebelum dibuang.

Mengapa sampah yang dibuang harus diolah dulu?

Tumpukan sampah yang tidak diolah terlebih dulu dapat mengundang lalat, tikus, pertumbuhan organisme- organisme yang membahaya- kan, mencemari udara, tanah dan air, serta… mengganggu kenyamanan kita!

Bagaimana penanganan sampah di TPA?

TPA sering juga disebut landfill, yaitu tempat pembuangan yang memiliki dasar impermeable (tidak tembus air) sehingga sampah yang diletakkan diatasnya tidak akan merembes hingga mencemari air dan tanah disekitarnya. Sampah- sampah yang datang diletakkan secara berlapis, dipadatkan, dan ditutupi dengan tanah liat untuk mencegah datangnya hama dan menghilangkan bau. TPA umumnya dibuat untuk bisa menampung sampah selama jangka waktu beberapa tahun.

Apa itu insinerator?

Insinerator adalah perangkat pembakaran sampah yang efisien dan bisa mengurangi polusi udara. Insinerator yang baik memiliki sistem penangkal pencemar udara di cerobongnya (walaupun tetap menyebabkan pencemaran udara), dan sanggup mengurangi volume sampah sampai 80%nya seusai dibakar

REPLACE
Ganti dengan barang ramah lingkungan

Teliti barang yang kita pakai sehari-hari. Gantilah barang barang yang hanya bisa dipakai sekalai dengan barang yang lebih tahan lama. Juga telitilah agar kita hanya memakai barang-barang yang lebih ramah lingkungan, Misalnya, ganti kantong keresek kita dnegan keranjang bila berbelanja, dan jangan pergunakan styrofoam karena kedua bahan ini tidka bisa didegradasi secara alami

REDUCE
(Kurangi Sampah!)

Coba cara-cara ini :

Membawa tas belanja sendiri untuk mengurangi sampah kantong plastik pembungkus barang belanja
Membeli kemasan isi ulang untuk shampoo dan sabun daripada membeli botol baru setiap kali habis
Membeli susu, makanan kering, deterjen, dan lain-lain dalam paket yang besar daripada membeli beberapa paket kecil untuk volume yang sama
RE-USE
(Gunakan sisa sampah yang masih bisa dipakai!)

Coba cara-cara ini :

Memanfaatkan botol-botol bekas untuk wadah
Memanfaatkan kantong plastik bekas kemasan belanja untuk pembungkus
Memanfaatkan pakaian atau kain-kain bekas untuk kerajinan tangan, perangkat pembersih (lap), maupun berbagai keperluan lainnya
RECYCLE
(Daur Ulang Sampah!)

Daur ulang sendiri memang tidak mudah, karena kadang dibutuhkan teknologi dan penanganan khusus.
Tapi teman-teman bisa membantu dengan cara-cara ini :

Mengumpulkan kertas, majalah, dan surat kabar bekas untuk di daur ulang
Mengumpulkan sisa-sisa kaleng atau botol gelas untuk di daur ulang
Menggunakan berbagai produk kertas maupun barang lainnya hasil daur ulang
Jangan bakar sampah sembarangan!

Mengapa? Karena sampah bisa terdiri dari berbagai bahan yang belum tentu aman. Bahan seperti kaleng aerosol dapat meledak bila kena panas, sedangkan bahan dari plastik dan karet dapat menghasilkan gas yang menimbulkan kanker bila dibakar! Bila pembakaran tidak bisa dihindari, pastikan bahwa hanya sampah organik yang dibakar, tidak terlalu banyak sampah basah, dan lakukan jauh dari kerumunan orang banyak atau benda lain yang dapat memperburuk pembakaran. Kita tentunya tidak ingin menyebabkan kebakaran, bukan?

Nah, mudah-mudahan dengan artikel ini kita semakin sadar bahwa masalah sampah jangan dianggap masalah yang sepele karena menyangkut kebersihan lingkungan kita. Jika lingkungan tak bersih bukan tak mungkin penyakit akan mudah mengenai kita… dan ingat selalu “Buanglah sampah pada tempat yang sudah disediakan”.

Sumber : http://www.walhi.or.id

25 thoughts on “Mengelola Sampah Yuk…!

  1. noFun says:

    aku punya limbah kain kaos banyak bgt. selain kain lap, enaknya dibuat apa y biar bisa punya nilai ekonomis yang tinggi…
    bls please… dan cara2nya y……
    aku ingin peduli dg lingkunganku.

  2. noFun says:

    bls di email y

  3. meutia says:

    setuju.. pertanyaannya, sampah yang sudah dipilah, harus disalurkan ke mana untuk didaur ulang? mohon infonya yaaa.. tks🙂

  4. BUDI C. RASYID says:

    sy praktisi daur ulang sampah plastik.sewaktu sekolah di SD,sy mendapat pendidikan ttg disiplin dalam membuang sampah.alhamdulillah sampai sekarang (usia 35 thn) sy masih terbiasa u tdk sembarangan buang sampah.sy setuju bhw pendidikan u peduli lingkungan hrs diterapkan dari usia dini

  5. dHea says:

    saya disuruh mendaur ulang samapah mjd tas nih, kira” bahan yg mudah dan murah apa ya?

  6. Selvy says:

    aku mau tau barang apa saja yg bisa dihasilkan dari limbah plastik ?
    kalo mo ikutan daur ulang, gemana caranya ?
    tq

  7. meiriza driana says:

    Saya punya limbah kain majun ukuran kecil2 sebanyak 4 ton, gimana ya caranya mengolah limbah kain tersebut. mohon petunjuknya….

  8. leonita says:

    saya dan teman-teman mendapat tugas untuk mengelola sampah organik yang ada di sekolah kami. sampah-sampah tersebut kebanyakan berupa dedaunan dan kertas-kertas.
    kira-kira, sampah tersebut bisa dimanfaatkan untuk menjadi apa yah?
    yang bermanfaat tapi, selain untuk membuat pupuk atau kertas daur ulang..
    dan bagaimana caranya???
    mohon solusinya…..
    thx;-p

  9. leonita says:

    bls d email saya yah…

    soalnya deadline tgl 2 mggu lgi. . .

    thx

  10. nevi says:

    kl styrofoam bisa di daur ulang secara biologis g y???
    tlg kc sy saran donk, buat skripsi niy…
    tlg bls k email sy y???!!
    thanks before!

  11. mitha says:

    saya di suruh buat daur ulang nich dari sampah organik dari skoll. .tapi gak tahu apa yag harus saya buat.
    tlong ksih tahu beberapa contoh daur ulang ya….
    tlong baz k email saya y….thnks

  12. perusahaan alih daya says:

    saya usaha dibidang keset dan art galery, dimana sy mengolah sampah limbah dari kain potong, kaleng minum, kulit telur. trkadang kami dalam pemasaran dan tenaga yg membuat mengalami kesulitan, bagaimana solusinya?

  13. facility management services:
    home industry keset dan art kulit telur. yakinlah benda yg berada disekeliling anda walau sampah sekalipun bisa dijadikan suatu benda yang bermanfaat

  14. lieslin maruhawa says:

    saya kerja disalah satu RS swasta, terkadang banyak botol2 obat yang terbuang begitu aja, apakah ada solusinya

  15. Dear Lieslin,

    harus dibedakan terlebih dahulu botol2 tersebut antara yang berjenis plastik dan beling kaca,
    untuk botol yang beling kaca dapat kami manfaatkan untuk lampu lampu lampion, dan kami pergunakan untuk ornamen pembuatan benteng kerajaan.
    Kami siap menampung botol2 tersebut namun tanpa pungutan biaya dari RS tentunya, hahaha.
    terima kasih,

  16. idris wibiyanto says:

    makasih mbak. btw apkah mbak liana punya perusahaan pengelolaan sampah di lingkunga mbak? kalau boleh saya mau bekerjasama dengan anda utk memecahkan masalah sampah yang dibuang di kali di lingkungan saya sidoarjo. Saya mau jadi bisnismsn sampah. saya tunggu balasan Anda.THANK

  17. muhammad Adi Hutama says:

    Sebuah penjelasan yang bagus sekali, saya harap ke depannya bumi makin bersih!

  18. apri says:

    saya punya limbah potongan potongan kain kecil kecil sekali sisa kain banyak sekali, saya ingin memanfaatkannya, bagaimana caranya? atau saya bisa cari sumber cara – cara daur ulang kain dimana? trims

  19. fathy says:

    saya, juga punya tugas ama bapak guru untuk menyelesaikan tugas karya ilmia tapi saya tidak tahu bagaimana atau apa yang saya pertama harus katakan lewat tulisan ……

    teman-teman sekalian, tolong di beri saran !!! sampah apa yang baik untuk di olah ,apa manfaatnya,dan apa jadinya setelah sampah tersebut diolah !!!!
    tolong di bantuu yaaaa…..
    pleaceeeeee
    hub. 085242138898

  20. saya andre mahesa di suruh manjadi ketua pengelolan sampah di smp saya sampai sekarang saya masih mengelolah sampah

  21. bima syahputra says:

    Cara buat sajadah dari plastik gmn sich….!

  22. josandi says:

    I like this article.. keep spirit for green..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s