Lebah Besar Tau Jalan Pulang

 

JAKARTA, JUMAT – Tidak hanya burung merpati pos yang bisa menyampaikan surat kepada empunya dari jarak berpuluh-puluh kilometer. Lebah besar di Inggris juga hafal jalan menuju sarangnya hingga jarak 13 kilometer. Namun, hasil penelitian menunjukkan, hanya lebah pekerja yang punya kemampuan ini.

Kelompok peneliti dari Universitas Newcastle melakukan percobaan ini kepada 100 ekor lebah jenis Bombus terrestris. Masing-masing lebah diberi label bernomor.

Lebah-lebah tersebut kemudian diletakkan di berbagai lokasi yang tersebar di sekitar timur laut Inggris.dan membiarkannya kembali ke sarangnya. Satu buah kamera dipasang di dekat sarang untuk mengamati lebah-lebah yang berhasil kembali.

Hasil pengamatan awal menunjukkan bahwa lebah-lebah tersebut mencari sarangnya dengan jalur berbeda-beda. Namun, beberapa ekor lebah yang diletakkan di pusat taman Heddon on the Wall di Tyne Valley – berjarak sekitar 13 kilometer dari sarang – dapat kembali ke sarang dengan lancar.

“Literatur ilmiah yang ada menunjukkan bahwa lebah mencari makan hingga radius 5 kilometer dari sarangnya,” kata salah satu peneliti Steph O’Connor. Namun, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lebah mungkin sanggup mencari makanan pada radius lebih dari 5 kilometer dari sarangnya.

Hanya sekitar 20 hingga 30 persen lebah yang berhasil kembali ke sarangnya. Namun, peneliti lainnya Mark O’Neill mengatakan bisa jadi lebah-lebah yang tidak kembali mati karena dimakan predator atau menabrak kaca mobil yang melaju di jalanan.

Lihat dan cium

Masih belum dipastikan bagaimana serangga tersebut mengatur arah terbangnya. Namun, sistem penglihatannya sepertinya paling berperan terutama untuk mengenali bentuk benda-benda di sekitarnya.

Sistem pemetaan ini juga melibatkan bau meskipun hanya berguna jika jaraknya kurang dari 2 meter. Misalnya, saat tawon telah mengosongkan nektar dari satu kuntum bunga, ia akan meninggalkan zat kimia yang baunya dapat memberitahu tawon lainnya bahwa tidak ada nektar lagi di sana.

Saat ini, para peneliti sedang mengamati jalur terbang tawon saat kembali ke sarang untuk memastikan seberapa besar pengaruh sistem penglihatan dan penciumannya. Sebab, di wilayah timur laut Inggris, variasi bau relatif lebih dominan daripada variasi bentuk bangunan dan lahan.

“Kami yakin daya jelajah lebah sangat sensitif terpengaruh banyak perubahan, misalnya pembangunan perumahan,” kata O’Neill. Dengan penelitian ini, lanjut O’Neill, kami ingin mengetahui apakah lebah lebih mudah mencari sumber makanannya pada kondisi lingkungan saat ini.

Lebah adalah salah satu hewan yang membantu penyerbukan bunga dengan menyebarkan tepung sari dari satu bunga ke bunga lainnya. Ada sekitar 25 spesies lebah asli Inggris dan Irlandia, namun jumlahnya menurun drastis dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan, 5 di antaranya terancam punah.

Sumber: BBC
Penulis: Wah

3 thoughts on “Lebah Besar Tau Jalan Pulang

  1. rivafauziah says:

    Sama dengan kucing dong..! sebanarnya kejadian ini tidak disengaja, hanya sekedar iseng.
    Waktu itu di rumah kami ada kucing tetangga yang cukup bandel dan nakal. Kucing Jantan yang Besar dan Hitam.. Suka biikin ulah. suka makan apa saja yang ditemuinya. Hampir setiap hari burung dan ayam habis di makannya.
    Karena jengkel.. secara diam2 kami tangkap dan kami buang jauh ke arah warungkondal. Cikalong.
    Karena waktu itu kami ada rencana macing bersama keluarga di wilayah Cirata.
    Kucing itu kami lepaskan di daerah Janghari. Jarak Cianjur – Janghari kurang lebih 10 KM
    Kami pulang sekeluarga pulang sore hari (keasikan memancing). Pas kami sampai dirumah sekitar jam 21 (9 malam).
    Betapa kagetnya kami, kucing itu sudah berada di rumah sedang tiduran di depan pintu…… (cerita selanjutnya…. nanti deh..) ?????!!! KEnapa?

  2. noonathome says:

    Kalau di Afrika, lebah juga dipakai buat ngusir gajah supaya gajah dari hutan gak masuk ke ladang penduduk. Pernah juga dicoba di Lampung. Salam kenal!

  3. ercorisa says:

    bantuan feromonn juga kali ya sehingga lebah itu bisa kembali k sarangnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s