Rumah Baca Liana Indonesia

Latar Belakang 

Lingkungan hidup kian waktu mengalami ancaman dan kerusakan setiap saat.  Kerusakan yang disebabkan oleh pola hidup yang tidak ramah lingkungan dari manusia merupakan penyebab yang diyakini turut andil sebagai penyebab utama kerusakan lingkungan hidup.  Sebagai akibatnya, keseimbangan ekosistem menjadi terganggu, banjir, penyakit, erosi, longsor telah menimbulkan keresahan berkepanjangan di kehidupan masyarakat.  Meskipun begitu, belum cukup untuk menjadikan kerusakan lingkungan sebagai pelajaran yang dapat menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan hidup.  Berbagai upaya penyadaran telah banyak dilakukan, dari seminar, simposium, pelatihan, pendidikan tak pernah lepas dari upaya kampanye kelestarian lingkungan hidup.   

Berkenaan dengan pendidikan, maka perlu adanya inisiatif dari berbagai pihak, baik instansi pemerintah, non pemerintah, swasta dan individu untuk bersama-sama memberikan pendidikan lingkungan hidup bagi masyarakat di Indonesia.  Setiap masyarakat hendaknya turut serta dalam mendidik masyarakat yang perlu diberikan kesadaran lingkungan demi terwujudnya masyarakat sadar lingkungan.  Tidak hanya masyarakat dewasa, namun pendidikan lingkungan pun hendaknya diberikan pada anak-anak.  Baik melalui pendidikan formal dengan model muatan lokal, maupun kegiatan non formal.   

Atas dasar kepedulian untuk membangun karakter anak yang sadar lingkungan maka Rumah Baca Liana Indonesia, sebuah wadah dan tempat belajar bagi anak-anak usia 9-12 tahun dijalankan oleh individu (Resume Terlampir) semata-mata untuk memberikan ruang dan waktu bagi anak- anak untuk dapat mengembangkan potensi dirinya, membangun bakat dan kepedulian, memberikan pengalaman dan menjadi wadah berkreasi dengan kegiatan yang berwawasan lingkungan.  Anak-anak, merupakan genarasi bangsa yang patut didorong motivasi, inisiatif, dan kreativitasnya untuk dapat menjadi anak yang cerdas, dan berwawasan lingkungan. 

Tujuan  

Rumah Baca Liana Indonesia dikelola dan dijalankan dengan tujuan untuk memberikan wadah belajar, berkomunikasi, kreatifitas untuk anak-anak usia 9-12 tahun agar mampu meningkatkan pengetahuan, menumbuhkan motivasi, membangun inisiatif, memiliki kesadaran lingkungan, sehingga hasil pembelajaran dapat menjadi pedoman dan tuntunan hidup anak sebagai generasi yang cerdas dan berwawasan lingkungan. 

Kegiatan Rumah Baca Liana Indonesia 

Rumah baca Liana indonesia memiliki program pembelajaran yang disusun berdasarkan kondisi dan situasi lokal.  Kegiatan tersebut adalah sebagai berikut : 

1.  Membaca dan Menyimak 

Membaca dan menyimak adalah sebuah kegiatan membaca buku cerita berwawasan lingkungan hidup.  Selain membaca, penghuni  rumah baca juga menyimak bahan bacaan yang akan dijadikan sebagai bahan diskusi.   

2.  Ceritakanlah padaku!Kegiatan ini di pandu oleh seorang story teller (pembaca cerita).  Kegiatan ini dirangkai dengan kegiatan diskusi dipadu dengan penggunaan bahasa inggris.  Bahan cerita berwawasan lingkungan. 

3.  Watch Me!,  Kegiatan menonton film lingkungan hidup, dilanjutkan dengan diskusi dan menggambar, membuat cerita. 

4. What and Who!, kegiatan pendidikan lingkungan yang mempelajari makhluk hidup di muka bumi, apa dan siapa, dan mengapa aku ada.  Pembelajaran bertajuk ekosistem dan keanekaragaman hayati. 

5.     Ini Punyaku!, Sebuah kegiatan yang dirancang sebagai kegiatan praktek, kreatifitas yang berwawasan lingkungan mengacu pada konsep daur ulang kertas, pembuatan kerajinan dari bahan yang tak termanfaatkan. 

 

Metode penyampaian 

Kegiatan di Rumah Baca disampaikan dengan berbagai metode yang disesuaikan dengan suasana, kondisi dan kebutuhan pembelajaran.  Secara garis besar penyampaian pembelajaran dilakukan dengan cerita, dongeng, diskusi, dan dipadu dengan kegiatan permainan alam.  

 

Metode Evaluasi  

Evaluasi dilakukan dengan cara memberikan lima pertanyaan pada setiap topik sebelum dan sesudah pembelajaran.  Evaluasi komprehensif dilakukan setiap satu bulan sekali, dengan melakukan tes tertulis dan pencatatan keaktifan dan respon setiap kali kegiatan berlangsung.  Data hasil test awal di perbandingkan dengan hasil tes akhir pembelajaran.  Hasil test ditabulasikan dan dijelaskan secara deskriftif dan disajikan dalam ”buku baik kita”.  ”Buku baik Kita memuat kegiatan ”keren” perilaku ”Pintar” dan nilai fabtastik kita, semuanya tercantum dalam ”buku baik kita”.  Buku ini berwarna hijau, bertuliskan ”Buku Baik Kita” 

Penutup 

Adanya kegiatan dan program di rumah baca Liana Indonesia merupakan salah satu bentuk kepedulian, bersifat bebas dan terbuka untuk anak-anak kelas IV, V dan VI sekolah Dasar.  Dilakukan secara mandiri dan tidak terikat.  Semoga dengan adanya wadah dan kegiatan ini dapat mendorong inisiatif-inisiatif setiap masyarakat untuk turut serta menanamkan kesadaran dan bertanggungjawab terhadap lingkungan hidup dalam diri anak-anak.  Program Pendidikan Lingkungan hidup ini juga didukung oleh rekan-rekan aktivis lingkungan hidup yang ada di Indonesia, Bantuan buku bacaan berasal dari Teman-teman yang tergabung dalam Jaringan Pendidikan Lingkungan Hidup Nasional, berasal dari Wetlands International-Indonesia Proggramme( Reza Irwansyah Lubis), Watala-Lampung (wawan), IDEF Foundation (trisna dan Sayu), World Wild Foundation (WWF)(ibu Rini), Huma Indonesia. Ibu Sri Windarti (Bappenas), The Nature Conservation bali (TNC Bali)( Bapak Marthen Welly). Pusat Studi Pelatihan dan Pendidikan Lingkungan Hidup (PPLH) Seloliman jawa Timur.  Selain itu sumber bacaan dan informasi berasal dari Environmental Education for Kids dari situs www.eeforkids.com , www.etaf.com www.enviro.com  dan situs lainnya yang berkenaan dengan Pendidikan Lingkungan Hidup.

44 thoughts on “Rumah Baca Liana Indonesia

  1. Munsir Salam says:

    Salam kenal dari saya.
    kami memiliki sebuah Pusat Informasi dan Kegiatan Warga (Telecenter) di Kelurahan Lapulu Kecamatan Abeli Kota Kendari – Sultra dan saya sebagai pendamping lapangan di Telecenter. Saat ini kami akan membangun pondok baca utamanya untuk anak-anak karena kondisi ekonomi warga di Lapulu cukup rendah menyebabkan kurangnya kesempatan belajar bagi anak-anak. Untuk maksud tersebut dapatkah kami menjalin kerjasama dengan pihak anda. Kami saat ini hanya mempunya ruang yang bisa dimanfaatkan untuk tempat buku dan tempat baca tetapi koleksi buku-buku belum ada. Dapatkah kami diberikan informasi yang mendukung ?
    terima kasih

  2. sylvie says:

    Salam kenal kembali pak munsir,

    Senang berkenalan dengan anda, dan bangga dengan aktivitas yang anda sedang lakukan ditempat anda. Kami dari Liana Indonesia akan sangat senag jika bisa bekerjasama, dan mari saling berbagi informasi dan berita. Untuk tindak lanjut, silahkan email ke sylvie.sylvie@yahoo.com . terimakasih

  3. choerozak says:

    Sungguh senang seandainya ada yang memberitahu dan membantu niat kami untuk membangun rumah baca di lingkungan kami dan perpustakaan untuk anak asuh kami di TK-TK jaringan kami. mungkin ada yang bisa bantu?
    informasi : choerozak 622470286833 atau di choerozak_psi05@telkom.net

  4. etty purbasari says:

    Dimana alamat rumah baca liana ?

  5. Alamat Rumah BAca Liana Indonesia

    Jalan swadaya No. 2834 RT 48
    Pakjo, Palembang, 30153
    Sumatera Selatan

    e-mail : liana.indonesia@yahoo.com

    terimakasih kunjungannya.

  6. faisal says:

    hallo silvi bagus deh rumah bacanya sekaligus salam kenal dari saya

  7. Munsir Salam says:

    Hai Liana or Mbak Silvie
    Sekali lagi saya mau tanya nih. Bagaimana dukungan yang bisa diberikan Liana jika kami memndirikan rumah baca ? Utamanya soal sumber bacaan dan program.

    Thanks

    Alam (Munsir Salam)

  8. Muhammad Syukron says:

    mohon bantuan sebagai “orangtua asuh” untuk Rumah Baca CERIA Kabupaten Semarang Jawa Tengah.
    kontak Person

    Muhammad Syukron, S.Hi
    HP. 081390501926/08562605109

  9. untung says:

    Saya sedang mulai mencoba mengidentifikasi untuk dapat membuat program pendidikan lingkungan untuk anak-anak SD-SMP di desa-desa tempat kerja saya di kab. Kebumen. Saya bekerja sbg fasilitator untuk pengembangan hutan rakyat dengan fasilitasi bidang kelola, lingkungan, management dan pasar. Saya butuh informasi tentang Foundation yang dapat membantu pendanaan kegiatan lingkungan. Ada yang bisa bantu?
    Saya juga butuh info materi-materi praktikan untuk pendidikan lingkungan anak-anak.

  10. Wilis says:

    I am always smile for your good ideas

  11. Dieng says:

    Great, Great, and Awsome!

  12. belly says:

    mas2 dan mba’2.. tolong dong cariin bukunya UMAR YUNUS SOSIOLOGI SASTRA.
    buat skripsi uda staun g kelar2…

    makasi smuanya..

  13. idur says:

    salam kenal,
    teman saya sedang berencana membuat rumah baca di bekasi..jadi saya boleh yah minta referensi dari tulisan diatas.
    thanks.
    wassalam

  14. Rudi says:

    Salam kenal……

    Salut untuk ide anda membuat web ini yang bisa digunakan oleh anak-anak dalam menggali ilmu pengetahuan, sekaligus menumbuh kembangkan minat mereka kepada computer dengan cara yang positif. Jika dimungkinkan saya ingin mengirimkan artikel-artikel mengenai hal-hal yang mungkin bisa bermanfaat untuk kita.

    Salam

  15. salam kenal juga idur dan rudi, terimakasih kunjungannya, kalo mau ikutan nulis untuk anak anak indonesia agar sayang lingkungan dipersilahkan, kirim aja ke email saya sylvie.sylvie@yahoo.com nanti saya postingkan.

    salam hangat,

    Liana Indonesia

  16. RUTLER says:

    hai..aku adalah salah satu mahasiswa di universitas sam ratulangi manado, aku sementara melakukan penelitian biji kelor ini, tapi disini aku mengalami masalah kekurangan biji kelor karena banyak pohon kelor yang ngga ada bijinya. aku jadi bingung,
    bisa ngga tolongin aku..aku butuh sekali dengan biji itu…tolong!!!!
    (aku bersedia membayar harga biji itu)

    rutler masalamate
    hp: 085240013488

    tolong hubungi aku secepatnya!!!!tolong ya…aku

  17. Boyke Walfredo says:

    haluu Rumah Baca Liana Indonesia, wah senangnya kenal dirimu, ga sengaja lagi search…. di mbah google tentang pendidikan lingkungan akhirnya menemukan dikau… seru dan bangga dengan ide pembuatan Rumah Bacaan Liana…. memang sudah semestinya pendidikan sadar lingkungan ditanamkan sejak dini, mengingat bumi saat ini sudah cukup memprihatinkan, penggundulan hutan dimana-mana, banjir di beberapa wilayah juga sering terjadi.
    ok dech G’ Luck Ya buat temen** di Rumah Baca Liana Indonesia.
    MARI BERSAMA-SAMA MEMBERIKAN PENDIDIKAN SADAR LINGKUNGAN SEJAK DINI DAN DISEKITAR KITA, JANGANLAH SALING MENYALAHKAN, BAGAIMANAPUN TIDAK PERNAH AKAN ADA SOLUSI BILA SALING MENYALAHKAN……
    APALAGI SAAT INI “PEMANASAN GLOBAL SUDAH TIDAK BISA DI STOP”
    UNTUK ITU MARI JUGA BERSAMA-SAMA MENGURANGI PEMANASAN GLOBAL…..
    1. Buang Sampah pada tempatnya
    2. Hemat Energi
    3. Kurangi Penggunaan Kendaraan Pribadi
    4. Hemat Air
    5. Tolak Penggunaan Tas Plastik…..
    and many more,…….

    Boyke Walfredo

  18. lanny says:

    Halo Liana, salam perkenalan. Saya senang sekali ada yang peduli dengan lingkungan, dan punya rumah baca untuk anak. Saya seorang ibu yang punya anak usia 9 tahun. Saya sudah lama ingin membuat perpustakaan untuk anak2 sekitar, tapi masih menunda-nunda. Buku sudah cukup banyak terkumpul, tinggal tempat dan masalah pustakawannya, yg memberi kode buku2 supaya bisa dipinjam. Dana bisa dicari dari teman2. Saya perlu dukungan moril.. terima kasih.

  19. Stephanie says:

    Rumah buku Liana adain kunjungan dunk di Kotaku Tarakan!!

    FS= stephanie_imoetz@hotmail

    ^^

  20. DS. Putra. says:

    DH.
    Selama ini saya mengelola Pondok Seni yang kami berinama Pondok Seni Praba-Gita Bali. Adapun aktifitas salah satunya adalah mengelola perpustakaan, selain mengadakan berbagai acara budaya, termasuk dokumentasi beberapa budaya lokal.
    Selama ini kami sangat sulit untuk mendapatlan donatur, apakah anda bisa membantu kami ?. Dan kalau sempat ke Bali, mampir dong ke pondok kami. Jalan Salya 16 Negara-Bali.
    Kami tunggu.
    Terima Kasih

  21. sugeng says:

    mohon info dan alamat rumah baca liana

    regard
    sugeng

  22. budi wibowo says:

    Assalamu’alaikum warahmatullahi wabaraktuh,

    Selamat pagi,

    Semangat… berjuang… terus sebarkan kaebaikan kepada seluruh saudara-saudara kita yang membutuhkan.

    Saya ingin sekali berbagi dengan teman-teman, saya selain sebagai pengusaha (wirausaha) juga sebagai guru lepas di sebuah SMP dari sebuah Yayasan. Selama ini saya senang sekali melakukan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan orang banyak. Saat ini saya punya keinginan untuk membuat satu kegiatan yang berguna bagi masyarakat di sekitar tempat tinggal yaitu :Taman Bacaan (Rumah Baca), karena di rumah banyak sekali buku-buku bacaan yang harus saya jadikan bahan (materi) yang harus disampaikan. Tapi saya masih kekurangan knowledge (pengetahuan) tentang bagaimana memulainya. Jika ada teman-teman yang berkenan berbagi cerita bagaimana memulai dan kemana nantiny tempat kita bertanya.

    Rencananya kami akan menggunakan rumah kami untuk dijadikan Tempat (Taman Baca), karena banyak adik-adik kita yang perlu mendapat perhatian.
    Alamat kami di Jl.Melati III/No 11 Komplek Perum PT Unitex, Tajur, Ciawi, Bogor Timur, Bogor, Jawa Barat.

    Saya ucapkan terima kasih jika ada saudara-saudara ku yang mau berbagi dengan kami.

    Wassalam

    Budi Wibowo

  23. endah says:

    hai salam kenal. tertarik nih ama liana, kira2 blh minta bantuan gimana caranya bikin rumah baca? kebetulan saya pengen banget mendirikan rumah baca di daerah saya trus dimana saya bisa mendapatkan bantuan buku2 edukatif? mohon bantuannya segera ya dan terima kasih. Kalo mau kerjasama dg liana indonesia gimana caranya?

    • halo endah, senang sekali kamu sudah berkunjung dan berminat bikin rumah baca. yang terpenting adalah cermati dulu siapa sasarannya, anak anak, remaja atau mahasiswa. setelah itu amati lingkungan sekitar, apa saja yang bisa dimanfaatkan untuk dijadikan media belajar. kemudian baru rancang kegiatannya dan buku buku apa saja yang sesuai dengan topik, media dan sasarannya. kamu bisa minta bantuan buku buku secara garatis dengan browsing dari internet dan bantuan dari teman teman yang bisa dikontak di dunia maya ini. Kalau kerjasama boleh saja dan dnegan senang hati. ditunggu yach kabar selanjutnya.

      salam hangat,
      sylvie.

  24. izur says:

    wah ssuweneng rasanya bsa menemukan komunitas para pemerhati minat baca….
    eh maaf.. nylonong….
    kenalin, kami dari rm baca ngudi kawruh dari bantul… pengen juga dong menjalin kerja sama….
    gimana caranya?

  25. supriatna says:

    tingkatkan motivasi Mu tuk terus maju. . .
    jadilah penerus bangsa yang dapat dibanggakan. .. keyz. . .

  26. yudi says:

    aslm… saya sangat sependapat dan mendukung kegiatan ini. kami sendiri juga merintis rumah baca seperti ini. namun yang menjadi kendala kami adalah masalah dana dan jaringan untuk pengadaan buku bacaan. rumah baca kami ini ditujukan untuk anak usia sekolah dan masyarakat.
    kami mohon untuk mendapatkan pengarahan dan informasi untuk pengembangan kegiatan kami. thanks.
    waslm…..

  27. klara says:

    Hallo…, selamat siang, salam kenal. Kami sedang mendata sasaran utk rumah baca yg menjadi mimpi bersama utk menumbuhkan minta baca dan kepedulian akan soal2 lingkungan, dll bagi anak2 di daerah kami, Flores. Senang sekali, jika mbak Sylvie dg Lianaindonesianya, berkenan membantu kami utk mewujudkan mimpi ini. Apa yg bisa dibuat setelah mendata sasaran RB ini? Apakah RB ini perlu legalitas? dll. Trima kasih sebelumnya atas informasi dan bantuan yg dapat diberikan kepada kami

  28. noen arif says:

    salam merdeka,… woe yo,… jah bless mbak liana n mbak selvi. tribute buat spirit n soul kalian n teamwork rumah baca liana indonesia. lam kenal yup dari kawan – kawan rumah baca pinggir jalan bengkulu. keep your spirit n moga – moga kita bisa solid terus. btw,.. ada divisi seni rupa n teaternya disitu…?

  29. diah A S says:

    Ass. Wr. Wb.
    Semenjak anakku, bersekolah di sekolah alam, ternyata buku penting bagi pengembangan kompetensi dan kemampuan bagi dirinya selaku peserta didik dan aku ibunya, jadi pada kesempatan ini, aku juga ingin membuka rumah baca, bagi teman-teman anakku, semoga mereka tambah cerdas dan dapat berkembang suai dengan potensinya, doakan aku bisa seperti anda, makasih.
    wass. wr.wb.

  30. yudi says:

    Ass…
    sy mau minta tolong nih sy mau buat sebuah rumah baca tp sy ga tau cara buat proposalnya tolong donmg klo ada arsipx krimkan ke Email sy.

  31. rokas almanar says:

    salam takzim, senang sekali bisa berkunjung kesini…
    dulu saya punya impian bikin rumah baca di sekitar tempat tinggal
    tapi karena berbagai hal, belum bisa terwujud…..

  32. dee yach says:

    assalammualaikum wr wb..
    Senang bisa berkunJung ke blog lianaindonesia..
    setelah membaca artikel smakin mendorong niat sy yg dr dulu blm terlaksana yakni membuat rumah pintar..
    Saya berharap lianaindonesia bisa membagiikan resep utk mewujudkan mimpi sy.. thanks..

  33. olis says:

    ass
    saya ingin membuat rumah baca di tempat saya akan kks nanti..
    apakah rumah baca liana dapat memberikan sedikit bantuan pengetahuan serta sedikit buku untuk saya ??

  34. luqelhakim says:

    saya Luqman… tertarik dengan rumah baca anak
    karenanya……ada gak yang bisa di jadikan acuan (support sistem, program, dll) tuk mendirikan di kampong kami. terutama dari lianaindonesia

  35. robert says:

    salam cinta indonesia…dan salanm juang untuk liana indonesia,
    apa kami organisasi karang taruna bisa bersinergi dengan linaindonesia, demi mewujutkan indonesia yang cerdas!!

  36. Hendro Murjoko says:

    Salam kenal, saya membuka rumah baca OMSEGA di desa tempat saya tinggal agar anak-anak gemar membaca dan meningkat wawasannya.

  37. uaksena says:

    hai.. senang bisa berkunjung kesini…….. tetaplah peduli terhadap anak-anak bangsa…..

  38. Canraise says:

    sangat menarik🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s